Satuan
Pendidikan : SMK/MAK PERTANIAN
Mata
Pelajaran : Gambar Teknik
Kelas/
Semester : X
Kompetensi
Inti
KI 1
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menganalisis serta menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1 Meyakini
anugerah Tuhan pada pembelajaran gambar teknik sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia.
|
Teknik dan prinsip
penggunaan alat gambar teknik manual
1.1 Busur
derajat
1.2 Pensil
1.3 Kertas
Gambar
1.4 Penggaris
T
1.5 Penggaris
Siku
1.6 Jangka
gambar
1.7 Mal
gambar
1.8 Rapido/Rotering
1.9 Meja
Gambar
|
Mengamati
Mencari informasi
tentang alat gambar teknik manual melalui berbagai sumber.
Menanya
Diskusi kelompok tentang
alat gambar teknik manual
Mengeksplorasi/Eksperimen
·
Membuat gambar dengan alat gambar
teknik manual
·
Eksplorasi pemecahan
masalah terkait penggunaan alat gambar teknik manual
Mengkomunikasikan
·
Wakil masing-masing
kelompok mempresentasikan praktik teknik penggunaan peralatan teknik manual
|
Tugas
Penilaian portfolio masalah
teknik dan prinsip penggunaan alat gambar teknik manual.
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan kegiatan praktik dan presentasi kelompok
Portofolio
Bahan presentasi
kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk
uraian dan/atau pilihan ganda
|
12 JP
|
Kristianto M Gani, 1987, Konstruksi Perabot Kayu,
Satya Wacana, Direktorat Penyelidikan
Masalah Bangunan.
Soetarman dan Soekarto, 1997,
Teknik Bangunan Sipil, Bandung : Karya
Remaja.
Handi Chandra. 2000. Referensi Praktis AutoCAD 2000. Jakarta : PT Elex Media
Komputindo.
|
|
2.1 Menghayati sikap
cermat, teliti dan tanggung jawab sebagai hasil dari pembelajaran Gambar
Teknik.
|
||||||
2.2 Menghayati
pentingnya kerjasama sebagai hasil pembelajaran gambar teknik.
|
||||||
2.3 Menghayati
pentingnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan lahan praktek, ruang
kelas, dan laboratorium sebagai hasil dari pembelajaran gambar teknik.
|
||||||
2.4 Menghayati
pentingnya bersikap jujur, disiplin serta bertanggung jawab sebagai hasil
dari pembelajaran gambar teknik.
|
||||||
3.1 Menjelaskan teknik
dan prinsip penggunaan alat gambar teknik manual
|
||||||
4.1 Menyajikan teknik
dan prinsip penggunaan alat gambar teknik manual
|
||||||
1.1 Meyakini
anugerah Tuhan pada pembelajaran gambar teknik sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia.
|
Standard mengenai tata
letak gambar dan layout kertas gambar
2.1 Fungsi dan sifat
gambar sebagai bahasa teknik
2.2 Standar gambar Amerika
2.4 Standar gambar Eropah
2.5 Standar ISO
|
Mengamati
Mencari informasi
tentang Standard mengenai tata letak gambar dan layout kertas gambar
melalui berbagai sumber.
Menanya
Diskusi kelompok tentang
Standard mengenai tata letak gambar dan layout kertas gambar
Mengeksplorasi/Eksperimen
· Melaksanakan kegiatan Standard mengenai tata
letak gambar dan layout kertas gambar
· Eksplorasi pemecahan masalah terkait Standard
mengenai tata letak gambar dan layout
kertas gambar
Mengkomunikasikan Wakil masing-masing kelompok
·
mempresentasikan hasil
kegiatan praktik Standard mengenai tata letak gambar dan layout kertas gambar
|
Tugas
Penilaian portfolio Standard
ISO mengenai tata letak gambar dan layout kertas gambar
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan kegiatan praktik dan presentasi kelompok
Portofolio
Bahan presentasi
kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk
uraian dan/atau pilihan ganda
|
14 JP
|
Menggambar Teknik Bangunan 1 ,
Direktorat Pendidikan
Menengah Kejuruan, Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan.
Soetarman dan Soekarto, 1997,
Sofi Ansori. 1999. Mengupas tuntas AutoCAD 14. Jakarta : PT Elex
Media Komputindo.
|
|
2.1Menghayati
sikap cermat, teliti dan tanggung jawab sebagai hasil dari pembelajaran
Gambar Teknik.
|
||||||
2.2 Menghayati
pentingnya kerjasama sebagai hasil pembelajaran gambar teknik.
|
||||||
2.3 Menghayati
pentingnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan lahan praktek, ruang
kelas, dan laboratorium sebagai hasil dari pembelajaran gambar teknik.
|
||||||
2.4 Menghayati
pentingnya bersikap jujur, disiplin serta bertanggung jawab sebagai hasil
dari pembelajaran gambar teknik.
|
||||||
3.2 Menganalisis
standard ISO mengenai tata letak gambar dan layout kertas gambar
|
||||||
4.2 Menyajikan standard
mengenai tata letak gambar dan layout kertas gambar
|
||||||
1.1 Meyakini anugerah
Tuhan pada pembelajaran gambar teknik sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia.
|
Geometri gambar teknik
3.1 Garis
dan sudut
3.2 Segi
n beraturan (3, 4, …)
3.3 Lingkaran
3.4 Elips
3.5 Silinder
3.6 Parabola
3.7 Hiperbola
|
Mengamati
Mencari informasi
tentang Geometri gambar teknik
Menanya
Diskusi kelompok tentang
Geometri gambar teknik
Mengeksplorasi/Eksperimen
· Melaksanakan kegiatan praktik Geometri
gambar teknik
· Eksplorasi pemecahan masalah berkaitan dengan
Geometri gambar teknik
Mengkomunikasikan
· Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan
hasil kegiatan pembelajaran Geometri gambar teknik
|
Tugas
Penilaian portfolio Geometri
gambar teknik
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan kegiatan praktik dan presentasi kelompok
Portofolio
Bahan presentasi
kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk
uraian dan/atau pilihan ganda
|
18 JP
|
Menggambar Teknik Bangunan II ,
Direktorat Pendidikan
Menengah Kejuruan, Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan.
Sudarminto, 1975,
|
|
2.1 Menghayati
sikap cermat, teliti dan tanggung jawab sebagai hasil dari pembelajaran
Gambar Teknik.
|
||||||
2.2 Menghayati
pentingnya kerjasama sebagai hasil pembelajaran gambar teknik.
|
||||||
2.3 Menghayati
pentingnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan lahan praktek, ruang
kelas, dan laboratorium sebagai hasil dari pembelajaran gambar teknik.
|
||||||
2.4 Menghayati
pentingnya bersikap jujur, disiplin serta bertanggung jawab sebagai hasil
dari pembelajaran gambar teknik.
|
||||||
3.3 Menganalisis
geometri gambar teknik
|
||||||
4.3 Menganalisis
geometri gambar teknik
|
||||||
1.1 Meyakini anugerah
Tuhan pada pembelajaran gambar teknik sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia.
|
Gambar proyeksi
orthogonal dan isometric dari objek gambar atau benda
4.1 Proyeksi perspektif
4.2 Proyeksi sejajar (ortografik)
|
Mengamati
Mencari informasi
tentang Gambar proyeksi orthogonal dan isometric dari objek gambar atau benda.
Menanya
Diskusi kelompok tentang
Gambar proyeksi orthogonal dan isometric dari objek gambar atau benda
Mengeksplorasi/Eksperimen
· Melaksanakan kegiatan praktik Gambar
proyeksi orthogonal dan isometric dari objek
gambar atau benda
· Eksplorasi pemecahan Gambar proyeksi orthogonal dan isometric dari objek
gambar atau benda
Mengkomunikasikan
· Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan
hasil kegiatan Gambar proyeksi orthogonal dan isometric dari objek gambar atau benda
|
Tugas
Penilaian portfolio Gambar
proyeksi orthogonal dan isometric dari objek gambar atau benda
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan kegiatan praktik dan presentasi kelompok
Portofolio
Bahan presentasi
kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk
uraian dan/atau pilihan ganda
|
12 JP
|
Hari Aria Soma. 1998. Buku Latihan AutoCAD. Jakarta : PT Elex
Media Komputindo.
Hari Aria Soma. 1999. Mahir Menggunakan AutoCAD Release 14.
Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
|
|
2.1Menghayati
sikap cermat, teliti dan tanggung jawab sebagai hasil dari pembelajaran
Gambar Teknik.
|
||||||
2.2 Menghayati
pentingnya kerjasama sebagai hasil pembelajaran gambar teknik.
|
||||||
2.3 Menghayati
pentingnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan lahan praktek, ruang
kelas, dan laboratorium sebagai hasil dari pembelajaran gambar teknik.
|
||||||
2.4 Menghayati
pentingnya bersikap jujur, disiplin serta bertanggung jawab sebagai hasil
dari pembelajaran gambar teknik.
|
||||||
3.4 Menjelaskan gambar
proyeksi orthogonal dan isometrik dari objek gambar atau benda
|
||||||
4.4 Menyajikan gambar
proyeksi orthogonal dan isometric dari objek gambar atau benda
|
||||||
1.1 Meyakini anugerah Tuhan pada pembelajaran gambar teknik sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia.
|
Gambar sketsa suatu
objek atau benda
5.1 Pembuatan dan rancangan
5.2 Teknik pembuatan sketsa
5.3 Sketsa penampang jamak
5.4 Pembuatan sketsa isometric, miring dan perspektif.
|
Mengamati
Mencari informasi
tentang Gambar sketsa suatu objek atau benda.
Menanya
Diskusi kelompok tentang
Gambar sketsa suatu objek atau benda
Mengeksplorasi/Eksperimen
· Melaksanakan kegiatan praktik Gambar sketsa suatu
objek atau benda
· Eksplorasi pemecahan masalah berkaitan Gambar sketsa
suatu objek atau benda
Mengkomunikasikan
· Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan
hasil kegiatan praktik Gambar sketsa suatu objek atau benda
|
Tugas
Penilaian portfolio
pengoperasian alat pemetaan lahan
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan kegiatan praktik dan presentasi kelompok
Portofolio
Bahan presentasi
kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk
uraian dan/atau pilihan ganda
|
12 JP
|
||
2.1 Menghayati sikap cermat, teliti dan tanggung jawab sebagai hasil dari
pembelajaran Gambar Teknik.
|
||||||
2.2 Menghayati pentingnya kerjasama sebagai hasil pembelajaran gambar teknik.
|
||||||
2.3 Menghayati pentingnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan lahan
praktek, ruang kelas, dan laboratorium sebagai hasil dari pembelajaran gambar
teknik.
|
||||||
2.4 Menghayati pentingnya bersikap
jujur, disiplin serta bertanggung jawab sebagai hasil dari pembelajaran
gambar teknik.
|
||||||
3.5 Menjelaskan gambar sketsa suatu
objek atau benda
|
||||||
4.5 Menyajikan gambar sketsa suatu
objek atau benda
|
||||||
1.1 Meyakini anugerah Tuhan pada pembelajaran gambar teknik sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia.
|
Gambar konstruksi
bangunan irigasi, bangunan pertanian dan komponen alat mesin secara manual
6.1 Gambar
konstruksi bangunan irigasi
6.2 Gambar
konstruksi bangunan pertanian
6.3 Gambar
komponen alat mesin pertanian.
|
Mengamati
Mencari informasi
tentang Gambar konstruksi bangunan irigasi, bangunan pertanian dan komponen
alat mesin.
Menanya
Diskusi kelompok tentang
Gambar konstruksi bangunan irigasi, bangunan pertanian dan komponen alat
mesin
Mengeksplorasi/Eksperimen
· Melaksanakan kegiatan praktik Gambar
konstruksi bangunan air, bangunan pertanian dan komponen alat mesin
· Eksplorasi pemecahan masalah Gambar
konstruksi bangunan air, bangunan pertanian dan komponen alat mesin
Mengkomunikasikan
· Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan
hasil kegiatan Gambar konstruksi bangunan air, bangunan pertanian dan komponen alat
mesin
|
Tugas
Penilaian portfolio
Gambar konstruksi
bangunan irigasi, bangunan pertanian dan komponen alat mesin
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan kegiatan praktik dan presentasi kelompok
Portofolio
Bahan presentasi
kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk
uraian dan/atau pilihan ganda
|
40 JP
|
||
2.1 Menghayati sikap cermat, teliti dan tanggung jawab sebagai hasil dari
pembelajaran Gambar Teknik.
|
||||||
2.2 Menghayati pentingnya kerjasama sebagai hasil pembelajaran gambar teknik.
|
||||||
2.3 Menghayati pentingnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan lahan
praktek, ruang kelas, dan laboratorium sebagai hasil dari pembelajaran gambar
teknik.
|
||||||
2.4 Menghayati pentingnya bersikap jujur, disiplin serta
bertanggung jawab sebagai hasil dari pembelajaran gambar teknik.
|
||||||
3.6 Menganalisis gambar konstruksi bangunan irigasi dan bangunan
pertanian dan komponen alat mesin pertanian.
|
||||||
4.6 Menganalisis gambar konstruksi bangunan air dan bangunan
pertanian dan komponen alat mesin
|
||||||
1.1 Meyakini anugerah Tuhan pada pembelajaran gambar teknik sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia.
|
Pengenalan program
aplikasi komputer untuk gambar teknik bidang mekanisasi pertanian.
7.1 Pengenalan autoCAd
7.2 Perintah dasar menggambar dengan AutoCAD
7.3 Memodifikasi gambar
7.4 Memilih objek
7.5 Tombol dan fungsi autoCAD
7.6 Menggambar konstruksi bangunan irigasi
7.7 Menggambar konstruksi bangunan pertanian
7.8 Menggambar komponen alat mesin pertanian.
|
Mengamati
Mencari informasi tentang
Pengenalan program aplikasi komputer untuk gambar teknik bidang mekanisasi
pertanian.
Menanya
Diskusi kelompok tentang Pengenalan
program aplikasi komputer untuk gambar teknik bidang mekanisasi pertanian.
Mengeksplorasi/Eksperimen
· Melaksanakan kegiatan praktik Pengenalan
program aplikasi komputer untuk gambar teknik bidang mekanisasi pertanian.
· Eksplorasi pemecahan masalah berkaitan Pengenalan
program aplikasi komputer untuk gambar teknik bidang mekanisasi pertanian.
Mengkomunikasikan
· Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan
hasil kegiatan praktik Pengenalan
program aplikasi komputer untuk gambar teknik bidang mekanisasi pertanian.
|
Tugas
Penilaian portfolio Pengenalan
program aplikasi komputer untuk gambar teknik bidang mekanisasi pertanian
Observasi
Ceklist lembar pengamatan
kegiatan praktik dan presentasi kelompok
Portofolio
Bahan presentasi
kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk
uraian dan/atau pilihan ganda
|
68 JP
|
||
2.1 Menghayati sikap cermat, teliti dan tanggung jawab sebagai hasil dari
pembelajaran Gambar Teknik.
|
||||||
2.2 Menghayati pentingnya kerjasama sebagai hasil pembelajaran gambar teknik.
|
||||||
2.3 Menghayati pentingnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan lahan
praktek, ruang kelas, dan laboratorium sebagai hasil dari pembelajaran gambar
teknik.
|
||||||
2.4 Menghayati pentingnya bersikap jujur, disiplin serta bertanggung jawab sebagai hasil dari pembelajaran
gambar teknik.
|
||||||
3.7 Memahami pengenalan program aplikasi komputer untuk gambar
teknik bidang mekanisasi pertanian.
|
||||||
4.7 Menggunakan program aplikasi komputer untuk gambar teknik
bidang mekanisasi pertanian.
|
||||||
0 comments:
Post a Comment