Search

RPP Simulasi Digital

Posted by Jasa Gambar Teknik on Saturday, 25 October 2014

pengertian digital
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                              : SMK Negeri 6 Malang
Kelas/Semester                                    : XII/Gasal
Bidang Keahlian                                 : Teknologi dan Rekayasa
Paket Keahlian                                    : Teknik Pemesinan
Mata Pelajaran                                    : Simulasi Digital
Tema                                                   : Pemanfaatan aplikasi pengolah kata
Alokasi Waktu                                    : 3 x 45 menit (pertemuan ke 2)

A.  Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.  Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban, terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.  Kompetensi Dasar
3.1. Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah informasi

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
     Adapun indikator pencapaian kompetensi sebagai berikut:
1. Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah informasi – pemanfaatan aplikasi pengolah kata

D.  Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran diharapkan:
1.    Siswa mampu menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah informasi – Pemanfaatan Aplikasi Pengolah Kata

E.  Materi Ajar
1.    Pemanfaatan Aplikasi Pengolah Kata (terlampir)

F.   Metode Pembelajaran
1.   Ceramah : Guru menjelaskan meteri tentang pemanfaatan aplikasi pengoleh kata dan      pengolah angka.
2.   Demonstrasi : Guru memberikan contoh dalam memanfaatkian aplikasi pengolah kata      dan pengolah angka.
3.  Percobaan : Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas sesuai intruksi yang di berikan oleh guru.

G. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
§ Memberikan salam
§ Berdoa sebelum pelajaran dimulai
§ Menanyakan kesiapan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar
§ Melakukan presensi dan pengenalan
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengaitkan dengan kehidupan nyata
§ Mengali kemampuan berfikir siswa
§ Menjelaskan cakupan materi
§ Memberikan motivasi kepada siswa
10 menit
Inti
Mengamati
§ Mengamati cara pemanfaatan aplikasi pengolah kata.
Menanya
§ Mengkondisikan situasi belajar di kelas untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri mengenai cara memanfaatkan  aplikasi pengolah kata.
Menalar
§ Mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang cara memanfaatkan aplikasi pengolah kata.
Mencoba
§ Mengerjakan tugas latihan yang dibuat oleh guru yang berkaitan dengan materi memanfaatkan aplikasi pengolah kata.
Mengkomunikasikan
§ Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang memanfaatkan aplikasi pengolah kata.
105 menit
Penutup
§ Siswa menyimpulkan tentang materi cara memanfaatkan aplikasi pengolah kata.
§ Guru melengkapi kesimpulan dari siswa tentang materi cara memanfaatkan aplikasi pengolah kata.
§ Guru memberikan tugas mengenai materi memanfaatkan aplikasi aplikasi pengolah kata.
§ Menyampaikan rencana kegiatan belajar selanjutnya
§ Salam penutup
20 menit

H.  Sumber Belajar, Alat dan Media
Adapun sumber belajar yang digunakan, yaitu:
1.    Buku siswa simulasi digital semester I.2013. Kementerian Pendidikan & Kebudayaan.
2.    Lab. Computer (Program Microsoft Office).
3.    Buku Referensi dan Artikel yang sesuai
Adapun alat dan media yang digunakan, yaitu:
1.    Laptop
2.    LCD
3.    Papan tulis
4.    Lab. Computer

I.     Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.      Tes
Tugas praktikum pemanfaatkan aplikasi pengolah kata (terlampir)

2.      Non Tes
Penialaian sikap dengan rubrik penilaian perilaku (terlampir)



Mengetahui,                                                                              Malang,  Agustus 2014
Guru Tim 1                                                                                Guru Tim 2



Dra. Hj. Sriani                                                                            Ihwan Firdaus
NIP. 19660501 200501 2 004                                                   NIM. 110511427050






Blog, Updated at: 03:07

1 comments:

Popular Posts