RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan :
SMK Negeri 6 Malang
Kelas/Semester : XII/Gasal
Bidang
Keahlian
: Teknologi dan Rekayasa
Paket
Keahlian : Teknik Pemesinan
Mata
Pelajaran :
Simulasi Digital
Tema : Pemanfaatan aplikasi
pengolah kata
Alokasi
Waktu :
3 x 45 menit (pertemuan ke 2)
A.
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban, terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi Dasar
3.1. Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui
pemanfaatan perangkat lunak pengolah informasi
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Adapun
indikator pencapaian kompetensi sebagai berikut:
1. Menerapkan
pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak
pengolah informasi – pemanfaatan aplikasi pengolah kata
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
proses pembelajaran diharapkan:
1. Siswa mampu menerapkan pengetahuan
pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah
informasi – Pemanfaatan Aplikasi Pengolah Kata
E.
Materi Ajar
1. Pemanfaatan Aplikasi Pengolah Kata (terlampir)
F.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
: Guru
menjelaskan meteri tentang pemanfaatan aplikasi pengoleh kata dan pengolah angka.
2.
Demonstrasi : Guru memberikan contoh dalam memanfaatkian aplikasi
pengolah kata dan pengolah angka.
3. Percobaan
: Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas sesuai intruksi yang di
berikan oleh guru.
G.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Memberikan salam
§ Berdoa sebelum pelajaran dimulai
§ Menanyakan kesiapan siswa dalam
mengikuti kegiatan belajar mengajar
§ Melakukan presensi dan pengenalan
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran dan
mengaitkan dengan kehidupan nyata
§ Mengali kemampuan berfikir
siswa
§ Menjelaskan cakupan materi
§ Memberikan motivasi kepada siswa
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
§ Mengamati cara pemanfaatan aplikasi pengolah kata.
Menanya
§ Mengkondisikan situasi belajar di
kelas untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri
mengenai cara memanfaatkan
aplikasi pengolah kata.
Menalar
§ Mengumpulkan data yang dipertanyakan
dan menentukan sumber (melalui benda konkrit, dokumen, buku eksperimen) untuk
menjawab pertanyaan yang diajukan tentang cara memanfaatkan aplikasi pengolah kata.
Mencoba
§ Mengerjakan tugas latihan
yang dibuat oleh guru yang berkaitan dengan materi memanfaatkan aplikasi
pengolah kata.
Mengkomunikasikan
§ Menyampaikan hasil konseptualisasi
tentang memanfaatkan aplikasi
pengolah kata.
|
105 menit
|
Penutup
|
§ Siswa menyimpulkan tentang materi cara
memanfaatkan aplikasi pengolah kata.
§ Guru melengkapi kesimpulan dari siswa
tentang materi cara memanfaatkan
aplikasi pengolah kata.
§ Guru memberikan tugas mengenai materi memanfaatkan aplikasi aplikasi pengolah kata.
§ Menyampaikan rencana kegiatan belajar
selanjutnya
§ Salam penutup
|
20 menit
|
H.
Sumber Belajar, Alat dan Media
Adapun
sumber belajar yang digunakan, yaitu:
1. Buku siswa simulasi digital semester I.2013. Kementerian Pendidikan & Kebudayaan.
2. Lab. Computer
(Program Microsoft Office).
3. Buku Referensi dan Artikel yang sesuai
Adapun
alat dan media yang digunakan, yaitu:
1. Laptop
2. LCD
3. Papan tulis
4. Lab. Computer
I.
Penilaian Proses dan
Hasil Belajar
1. Tes
Tugas praktikum pemanfaatkan aplikasi pengolah kata
(terlampir)
2. Non Tes
Penialaian sikap dengan rubrik penilaian
perilaku (terlampir)
Mengetahui, Malang,
Agustus
2014
Guru Tim 1 Guru Tim 2
Dra. Hj. Sriani Ihwan Firdaus
NIP. 19660501 200501 2 004 NIM. 110511427050
Bermanfaat pak
ReplyDeleteijin copy pak ...