SMK
NEGERI 6 MALANG
JL.
Ki Ageng Gribig 28 Malang, Telp. 0341-722216
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan :
SMK Negeri 6 Malang
Kelas/Semester : X/Ganjil
Bidang
Keahlian : Teknologi Rekayasa
Program
Keahlian :
Teknik Mesin
Paket
Keahlian
: Teknik Pemesinan
Mata
Pelajaran : TeknologiMekanik
Tema :Menerapkan
teknik penggunaan perkakas tangan
Alokasi
Waktu :8 x 45menit = 360 menit( 1 x pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban, terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.1Mensyukuri kebesaran ciptaan Tuhan YME dengan mengaplikasikan pengetahuan,
keterampilan dan sikap tentang keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan dalam kehidupan sehari-hari
2.1 Mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan
tanggungjawab dalam dalam
mengaplikasikan pengetahuan, keterampilan dan sikap mengenai
keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan
pada kehidupan sehari-hari.
2.2 Menghargaikerjasama,
toleransi, damai, santun, demokratis, dalam
menyelesaikan masalah
perbedaan konsep berpikirdalam mengaplikasikan pengetahuan, keterampilan dan sikap mengenai
keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan
pada kehidupan sehari-hari.
2.3 Menunjukkan
sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
melakukan tugas mengaplikasikan pengetahuan, keterampilan dan sikap mengenai
keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan
pada kehidupan sehari-hari
3.5Menerapkan
teknik penggunaan perkakas tangan
C. Indikator Pencapaian
Kompetensi
Adapun indikator
pencapaian kompetensi sebagai berikut:
1.
Mampumengidentifikasijenis-jenis&fungsiperkakastangan,
bertenagadanpendestel
2. Mampumenjelaskanprosedurmenggunakanperkakastangan,
bertenagadanpendestel
3. Mampumenjelaskanprosedurpemeliharaanperkakastangan,
bertenagadanpendestel
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses
pembelajaran diharapkan:
1. Siswadapatmengidentifikasijenis-jenis&fungsiperkakastangan, bertenagadanpendestel
2. Siswadapatmenjelaskanprosedurmenggunakanperkakastangan,
bertenagadanpendestel
3. Siswadapatmenjelaskanprosedurpemeliharaanperkakastangan,
bertenagadanpendestel
E.
Materi
Ajar
1. Jenis-jenis
& fungsi perkakas tangan, bertenagadanpendestel
2. Prosedur
menggunakan perkakas tangan, bertenagadanpendestel
3. Prosedur
pemeliharaan perkakas tangan,bertenagadanpendestel
F. Metode Pembelajaran
Model pembelajaran
menggunakanpendekatan saintifik (scientific), dengan
metode pembelajaranceramah,penugasandanlatihan.
G.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Memberikan salam
§ Berdoa sebelum pelajaran dimulai
§ Menanyakan kesiapan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar
§ Melakukan presensi
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengaitkan dengan kehidupan nyata
§ Menjelaskan cakupan materi
§ Memberikan motivasi kepada siswa
|
20menit
|
Inti
|
Mengamati:
Mengamati
dan melaksanakan teknik penggunaan perkakas tangan, perkakas tangan bertenagadanpenggerindaanalatpotongdenganmesingerindabangku/
pedestal di bengkel.
Menanya :
Mengkondisikansituasibelajaruntukmembiasakanmengajukanpertanyaansecaraaktifdanmandiritentangteknik penggunaan perkakas tangan, perkakas tangan bertenagadanpenggerindaanalatpotongdenganmesingerindabangku/
pedestal.
Mengekplorasi:
Mengumpulkan data yang dipertanyakandanmenentukansumber
(melaluibendakonkrit, dokumen, buku, eksperimen) untukmenjawabpertanyaan yang
diajukantentangteknik penggunaan perkakas tangan, perkakas tangan bertenagadanpenggerindaanalatpotongdenganmesingerindabangku/
pedestal.
Mengasosiasi :
Mengkatagorikan data danmenentukanhubungannya,
selanjutnyadisimpulkandenganurutandari yang sederhanasampaipada yang
lebihkompleksterkaitdenganteknik penggunaan perkakas tangan, perkakas tangan bertenagadanpenggerindaanalatpotongdenganmesingerindabangku/
pedestal.
Mengkomunikasikan :
Menyampaikanhasilkonseptualisasitentang teknik penggunaan perkakas tangan, perkakas tangan bertenagadanpenggerindaanalatpotongdenganmesingerindabangku/
pedestal
|
280menit
|
Penutup
|
§ Guru memberikantugasmengenaimaterimengidentifikasimesinfrais
§ Siswamengerjakantugasmengenaimaterimengidentifikasimesinfrais
§ Siswamenyimpulkantentangmengidentifikasimesinfrais
§ Guru melengkapikesimpulandarisiswatentangmengidentifikasimesinfrais
§ Menyampaikanrencanakegiatanbelajar selanjutnya
§ Salam penutup
|
60menit
|
H.
Sumber
Belajar, Alat dan Media
Adapun
sumber belajar yang digunakan, yaitu:
1. Buku
Perkakas Tangan
2. Buku
referensi dan artikel yang sesuai
Adapun
alat dan media yang digunakan, yaitu:
1. Laptop
2. LCD
3. Papan
tulis
4. Spidol
5. Penghapus
6. Perkakastangan, bertenagadanpendestel
I.
Penilaian
Hasil Belajar
1. Tes
a. Tes
Tertulis (terlampir)
2. Non Tes
a. Penialaian
sikap dengan rubrik penilaian perilaku (terlampir)
Bentuktestulis
:
1. Sebutkan 2 macamalatperkakastangan
2. Sebutkan2 macamalatperkakastanganbernaga
3. Sebutkan 2 macampalu
4. Sebutkan 2 macamalatpenggambaranbendakerja
Kuncijawaban
:
1. Kikirdanpahat
2. MesingerindatangandanMesinbortangan
3. Palulogamdanpalukaret
4. Penggoresdanpenggaris
Cara Penilaian
Nama
Siswa :...................................................
Kelas :...................................................
No Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
Skor Maksimal
|
1
|
a.
Benar
b.
Salah
|
25
0
|
25
|
2
|
a. Benar
b. Salah
|
25
0
|
25
|
3
|
a. Benar
b. Salah
|
25
0
|
25
|
4
|
a. Benar
b. Salah
|
25
0
|
25
|
TOTAL SKOR
|
100
|
Nilai Akhir
Tugas Siswa = Total Skor Jawaban Benar
Kriteria Ketuntasan Belajar
0-74 : Tidak Memenuhi Kriteria Minimal
75-79 : Memenuhi Kriteria Minimal, dapat bekerja
dengan bimbingan
80-89 : Memenuhi Kriteria Minimal, dapat bekerja
tanpa bimbingan
90-100 : Di
atas Kriteria Minimal, Dapat Bekerja Tanpa Bimbingan
Indikator Pengamatan Penilaian
Sikap
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran
1.
Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.
Baik jika
menunjukkan sudah ada usaha ambil
bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
3.
Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian
dalam menyelesaikan tugas secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator sikap
bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran.
1.
Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan pembelajran.
2.
Baik jika
menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran tetapi
masih belum ajeg/konsisten.
3.
Sangat baik jika menunjukkan adanya
usaha bekerjasama dalam kegiatan
pembelajaran secara
terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap
proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1. Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap
proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3. Sangat
baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk
bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Format Tabel Penilaian Sikap
Mata Pelajaran :..............................
Kelas/Semester :..............................
Tahun Pelajaran :..............................
Waktu Pengamatan :.............................
Bubuhkan
tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
||||||||
Aktif
|
Bekerjasama
|
Toleran
|
||||||||
|
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB : Kurang baik
B : Baik
SB : Sangat baik
Malang, 1 Juni2014
Ketua
Kompetensi Keahlian Guru
Mata Pelajaran
Teknik
Pemesinan
Muhammad Yunus,SPd. Indriani Puspita Sari, ST
NIP. 19770501 200604 1 019 NIP. 19770717 201001 2 018
Mengetahui
Kepala SMK Negeri
6 Malang
Dra.Aksihari,
MPd
NIP. 19550606 197903 2 008
0 comments:
Post a Comment